Cara Memindahkan Aplikasi ke SDCard Partisi

image

Salam Droid,
#Superuser, yach….
Keleluasan dalam open source salah satunya kita bisa mengutak – atik system, upgrade downgrade operating system, overclock dan sebagainya. Salah satunya kita bisa memindah dengan paksa aplikasi ke memory eksternal (sdcard) yang sudah terpartisi.
Namun sebagian kecil saja aplikasi yang bisa di pindah ke sdcard kalau hanya mengandalkan aplikasi bawaan. Iya kalau device kita sudah mempunyai bawaan internal memory yang cukup lega tentu tidak masalah.
Kalau internal memory cuman 256mb???? Instal 5 aplikasi, dah penuh dah…
Saya membagikan cara bagaimana memindahkan aplikasi ke sdcard yang sudah di partisi dengan aplikasi Link2sd by Bulent Akpinar.
(Saya test dengan keadaan android device setelah reset factory, root, partisi sdcard. Jadi aplikasi tambahan cuman AParted)
So…..

————DO WITH YOUR OWN RISK————

1. Android device yang sudah rooted dan sdcard sudah di partisi ext2,ext3 atau ext4.
Check: Cara Partisi SD Card Tanpa PC
2. Instal link2sd di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.buak.Link2SD
Atau juga bisa file apk link2sd disini.
(Saya pakai file apk, karena device saya dalam keadaan setelah reset).
3. Buka aplikasi link2sd, dan untuk tampilan pertama kita memilih jenis ext partisi pada sdcard.

image

4. Setelah kamu memilih salah satu ext dan tap ok. Ada permintaan reboot/restart, tap ok.
5. Tunggu device restart, dan masuk ke aplikasi link2sd lagi.

image

6. Tap Menu » storage info.

image

7. Partisi sdcard ext terlihat dengan nama SD Card 2nd part.

image

7. Kembali ke tampilan awal. contoh memindahkan aplikasi, tap aplikasi yang ingin di pindah.
8. Tap create link (membuat link)

image

9. Check link application file, link dalvik cache file dan link library file. Tap OK dan tunggu.

image

10. Kalau sudah, lihat di storage info, 2nd sdcard part.

Nah demikian cara memindahkan aplikasi ke sdcard yang sudah di partisi.
Selamat mencoba!
Follow @aslamyuri @oprek_droid

»»› Menjadikan link2sd+ bisa dengan melakukan patch, download aplikasi Lucky Patcher disini

Catatan : Jika ada kesulitan atau ada yang kurang dalam artikel saya diatas, bisa sharing di kolom komentar.

TERIMA KASIH.

image

Advertisements

122 comments on “Cara Memindahkan Aplikasi ke SDCard Partisi

  1. bro gmana kalau partisi pertama yaitu kita kecilin datanya, terus partisi kdua lebih besar,

    contoh: misalkan memocardku 8giga
    fat32/16 = 5000 mb
    ext 2. = 2000 mb
    swap. = sisa. mb

    kira kira bisa ga bro…

    maksudku fat32/16 datanya kita buat lebih kecil daripada yg kedua yaitu ext2 ext 3 dan ext 4 bro
    Jadi kyak gini
    fat 32/16 = 2000
    ext. = 5000
    swap. = sisa
    gmana bro

  2. bro ane dach berhasil tpi pas mo mindahin koq ngga muncul sd card 2nd muncul tdk terpasang..tlng solusi nya dong bro

  3. udah semua bozz..udah dipartisi nach pas msk ke link 2sd dimenu info penyimpanan di partisi 2nd tertulis tidak dapat terpasang.

    • Untuk pertama kali menjalankan aplikasi link2sd, ada permintaan create script jenis partisi (ext2,3,4) dan otomatis reboot/restart.
      Setelah restart kembali lagi ke app link2sd.
      Jika masih tidak bisa, ulangi langkah langkah dengan seksama.
      Thanks.

  4. udah langsung saya coba boz..msh blm bsa tertulis memasang scirpt salah( script pemasangan tidak dapat dibuat) mount : invalid argument

  5. gan klo sy dah berhasil partisi+instal link2sd. tapi ketika sy coba melink kan appnya, muncul tulisan “link2sd package invalid” gimana gan solusinya?

    • Package invalid pada link2sd biasanya app tidak dapat berjalan dengan baik. (Terjadi pada link2sd yang crack).
      Coba dengan instal link2sd yang free pada play store, dan crack dengan luckypatcher yang terbaru.

  6. ane udh pke link2sd di ps dan patch trbaru tapi justru tulisan nya terjadi kesalahan .. ga bsa di buka di galaxy fame ane jadi nya

    • Bisa di lihat versi yang di unduh di play store dan versi patch yang ada di lucky patcher.
      Jika, di luckypatcher misal versi 1.2.2, coba cari aplikasi link2sd yang sama versinya.
      Selamat mencoba.

  7. Kalo muncul pemberitahuan script pemasangan tidak bisa di buat di link2sd apa solusi nya ga? Mohon pencerahan min

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s